belanja

Bingung Membagi Uang Belanja

5:11 PM


Suasana pasar Wanchai



“Duit 100 gimana mbaginya?” 

Curhat sesama BMI saat belanja di pasar.

Memang tabiat majikan itu beda-beda di Hong Kong. Ada yang pelit namun tak sedikit juga yang tidak perhitungan dengan uang belanja.

Orang Hong Kong rata-rata doyan makan.  4 orang bisa menghabiskan menu 4 sampai 6 macam sekali hidang di meja makan.

BMI tersebut mengeluhkan bagaimana caranya membagi uang yang hanya 100 itu untuk belanja sayur dan lauk-pauk untuk makan malam 4 orang plus dia sendiri.

“Gak papa sedikit, asal cukup. Bingung aku mbaginya, mana harga-harga mahal lagi sekarang.” Gerutunya saat belanja di pasar.

Uang 100 kalau di Hong Kong itu tergolong kecil, apalagi kalau dibawa ke pasar untuk belanja. 40 dolar untuk beli daging sapi dan babi yang untuk masak soup, 30 untuk ikan, sisa 30 dolar untuk beli sayur, habis sudah.

Belum kalau bumbu-bumbunya habis, beli buah segala, pasti tambang bingung .Susah memang kalau menghadapi majikan yang taunya hanya ngasih duit lalu pulang kerja masakan sudah matang terhidang di meja tanpa tahu kondisi harga-harga di pasar yang makin hari makin mahal.

Sayur sekilo 12 dolar, kadang 18 dolar. Kalau yang  makan 4 orang dan maunya 2 macam sayur, paling tidak harus mengeluarkan 25 dolar untuk beli sayur saja.

Beruntunglah para pekerja rumah tangga yang majikannya tidak pelit dan sangat paham dengan harga-harga di pasar. Saat member uang belanja tidak perhitungan penting ada kwitansi dan mencatatnya ke dalam buku sebagai laporan harian.

Kalau saya sendiri, biasanya diberi HK$ 500, kadang 2 hari sudah habis, tapi kadang juga 5 hari baru minta lagi ke majikan, tergantung barang yang dibeli. Untung majikan saya ini sering blusukan ke pasar jadi tahu harga kebutuhan di pasar bagaimana.

Yah, semoga saja para majikan paham kalau para pekerja rumah tangga mereka ini juga butuh makan, jadi tak perlu irit untuk belanja yang kadang-kadang harus merelakan uang sendiri untuk beli makanan mereka sendiri. [FN]

You Might Also Like

1 komentar

  1. mbak, mau nanya, kalau di hong kong, pusat jualan barang barang (terutama makanan) dari indo di mana ya? maksudnya seperti bumbu dari indo, kerupuk dan makanan lainnya.. matur nuwun :)

    ReplyDelete