BMI

Jangan Sampai Gaji Habis Hanya Untuk Bertelepon Ria

4:50 PM

Jangan sampai dompet kempes hanya untuk kartu telepon



Jauh dari tanah air dan keluarga tercinta tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Terpisah ribuan kilometer jauhnya dan berkomunikasi hanya dengan hape saja untuk SMS atau bertelepon ria.

Saat ini, sangat banyak provider di Hong Kong yang menawarkan layanan murah untuk telepon maupun SMS. Bahkan kadang ada yang free atau gratis.

Saya ingat betul tahun 2005, saat hape belum begitu merajalela seperti sekarang dan providernya pun tidak sebanyak sekarang. HK$20 kartu telepon hanya menelepon selama 30 menit, itupun kadang mati di menit ke 20 dan tak bisa digunakan lagi. 

Kebebutan saya sendiri belum memiliki hape, untuk menelepon ke rumah saya mencuri-curi waktu dengan meminjam telepon rumah majikan, tentu tanpa sepengetahuan dia.

Beda dengan sekarang, kartu HK$20 bisa untuk 2 jam lebih meski ada juga yang hanya untuk 40 menit lebih, tergantung pilihan sebenarnya.
Biasanya BMI sangat tergoda kalau sudah berurusan dengan hape, tidak memikirkan berapa pulsa yang akan keluar untuk bertelepon ria. Ada beberapa teman BMI yang kadang sekali menelepon habis HK$50 bahkan kurang lalu utang ke sesame BMI yang kebetulan jualan pulsa. Cukup SMS/telepon, pulsa akan terkirim, bayarnya maximal 1 bulan atau 3 Minggu.

Sayang sekali kalau gaji selama menjadi BMI di Hong Kong habis hanya untuk bertelepon dan membicarakan hal-hal yang tidak penting. Orang tua di rumah cukuplah kita telepon seminggu satu atau dua kali, asal bukan setiap hari. Pun juga dengan teman di Hong Kong sendiri. Harusnya ngobrol seperlunya saja jangan sampai gara-gara keasyikan ngobrol pekerjaan jadi terbengkelai.

Kalau kita irit, kita juga yang akan menerima hasilnya nanti. Tidak akan rugi capek-capek kerja di Hong Kong, jauh dari orang tua dan keluarga. Pulang ke kampong tabungan tetap punya dan bisa untuk membangun usaha.

Biasanya yang susah untuk mengerem bertelepon itu adalah BMI yang memili pacar hubungan jarak jauh atau LDR (long distance learnership). Tidak perhitungan kalau untuk bertelepon ria bahkan ada yang sebulan habis sampai HK$2000 (setara +-Rp 2.200.000) bahkan lebih. Sayang bukan? Gaji sebulan hampir habis hanya untuk bercuap-cuap ria.

Semoga banyak BMI yang bisa mengendalikan keuangan dan tetap ingat dengan tujuan awal pergi ke Hong Kong ini untuk apa. [FN]

You Might Also Like

0 komentar