bmihongkong

Sangat Rugi: Tidak Menabung dan Investasi

5:57 PM


Sedikit demi sedikit lama menjadi penuh :D

Nabunglah.” Enggak ahk.

Beli emas kalau gitu,” Gak ahk, gak suka.

Ini jawaban salah satu teman sesama BMI saat bercerita kalau dia tidak punya tabungan sama sekali. Setiap gajian duit selalu dipegang dan habis menguap setiap bulan. Kurang, mencari utangan ke teman lain. Begitu setiap bulannya.

Masukan dari A-Z sepertinya percuma kalau jawabannya sudah “Enggak, gak suka.”  Padahal ini menabung loh, atau beli emas. Yang untung dia juga nanti, bukan saya.

Belum mikir “mungkin” kalau ada kebutuhan mendadak nantinya gimana. Tidak punya target di Hong Kong sampai kapan dan tidak memikirkan hal-hal lain di luar dugaan.

Saya bukan ahli ekonomi, tapi kalau ada BMI yang punya pikiran begini dalam menganggap uang dan memperlakukan uang, rasanya ya kasian sekali, sayang banget kalau nanti rugi belakangan.

Menabung itu sangat perlu. Lagian menyimpan duit terlalu banyak di dompet juga kurang baik. Kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan  gimana? 

Apa susahnya memulai dari HK$ 200 atau HK$ 500 setiap bulan? Kalau  terbiasa, lama-lama pasti ketagihan untuk terus menambah isi tabungan itu. Yang untung juga diri kita sendiri nantinya.

Ini  tahun keenam dia di Hong Kong. Bank Hong Kong dan Bank Indonesia tidak punya. Apalagi duit tabungan. Kasian, tapi kalau dinasehati, diberi masukan selalu mental begini?

Semoga dia segera sadar dan mulai memikirkan masa depannya. Lebih bijak dalam memerlakukan gaji dan menggunakan gajinya untuk hal-hal yang bermanfaat. Bukan hanya untuk saat ini, tapi juga untuk masa depan yang masih panjang. 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Kesadaran untuk menabung itu harus dimulai dari dini. Mungkin orang tersebut hanya malu dan membela diri sendiri. kalau sudah begini semoga dia sadar bahwa masa yang akan dilaluinya masih panjang... kampanyekanlah bahwa Menabung Itu Harus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Juan,,setuju.
      Semoga dia segera sadar. Pun juga dengan BMI lain yang memiliki pemikiran serupa atau masih sak karepe dewe dalam memerlakukan uangnya.

      Makasih sudah mampir

      Delete
  2. Mbak, artikel ini juga perlu buat saya :D
    makasih sudah di ingatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @bang Azrur,,,ehehehehehe,,,semoga segera sadar ya, eh

      Delete