BMI

Bertahan Karena Bisa Melaksanakan Sholat

3:37 PM

Sholat Idul Fitri


Cerita ini kira-kira sudah 3 tahunan yang lalu. Saat saya sedang naik bus untuk belanja ke pasar, di samping saya ada seorang BMI yang umurnya sekitar 35 tahun, perawakannya kecil dan rambutnya panjang.

Dia cerita kalau sebelum bekerja di daerah ini (South Horizons) pernah bekerja di daerah New Teritories selama 4 tahun di majikan yang sama. Sedang di majikan yang ini sudah kontrak ketiga. Dia bercerita sebenarnya majikannya gak baik-baik amat, masih suka cerewet kalau ada pekerjaan yang kurang memuaskan. Karena setiap hari di rumah sendirian dan bisa sholat inilah yang membuatnya bertahan saat majikan tanya "mau nambah kontrak tidak?"

Iya, hanya sesimple ini alasannya. Padahal sholatnya pun harus duduk di ranjang tempat tidur, tidak berdiri seperti sholatnya orang normal. Katanya rumah tidak ada tempat buat sholat selain ranjang tidurnya, kamarnya sangat sempit untuk digunakan sholat dalam posisi berdiri, sedang jika harus sholat di luar sangat tidak mungkin, rumah ada kamera.

Inilah salah satu cerita seorang BMI yang demi untuk bisa menjalankan kewajiban agama sebagai seorang muslim, dia rela memperpangjang kontraknya. Saat saya tanya kenapa kok tidak cari majikan lain saja, siapa tahu dapat yang jauh lebih baik. Dia beralasan takutnya malah tidak bisa sholat sama sekali, belum lagi kalau ada anjing dan harus adaptasi lagi dengan majikan, satu hal yang tentu tidak gampang.

Bersyukurlah kalau ada majikan yang memberi kebebasan buat pekerjanya untuk menjalankan sholat dan juga puasa karena tidak semua majikan seperti ini. Bahkan ada yang saat puasa rela membangunkan cecenya untuk makan sahur, meski juga ada majikan yang melarang cecenya puasa dengan alasan takut tidak punya tenaga untuk bekerja. Atau saat sholat, melihat mukena warna putih majikan takut dikiranya apa.

Soalnya pernah ada seorang Bobo (nenek) yang pingsan saat melihat cecenya sholat pakai mukena putih semua. Makanya sekarang banyak mukena warna-warni di Hong Kong, salah satu cara untuk menghilangkan kesan horor karena warna putih semua itu kadang banyak majikan yang takut.

Allah selalu punya cara bagi umat-Nya yang bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban sebagai seorang Muslim taat dan salah satunya BMI ini. Lebih bersyukur lagi kalau punya majikan yang seiman, bisa sholat berjamaah setiap hari dan berpuasa bersama-sama layaknya di kampung halaman sendiri. Ada lo BMI yang seperti ini, tentu sangat bersyukur sekali.



You Might Also Like

0 komentar