BMI

Indahnya Puasa di Negeri Beton

11:10 PM


Buka Puasa Bersama PILAR 


Tak terasa ini tahun kesembilan saya menikmati puasa di luar negeri. Dan tahun ini adalah lebaran ke tujuh saya tidak bisa menikmati di kampung halaman. Masih beruntung karena pernah dua kali berlebaran di kampung, tahun 2009 dan 2011.

Rindu? Sudah pasti. Sangat rindu dengan suasana puasa dan lebaran di kampung halaman yang rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Rindu dengan suara azan dan tadarus malam hari. Rindu suara kentongan saat jam sahur tiba.  Rindu masakan emak dan makanan kecil untuk buka puasa.

Tapi, saya tidak sendiri, ada ratusan ribu bahkan jutaan orang yang setiap tahunnya tidak bisa puasa dan lebaran di kampung halaman karena pekerjaan. Apalagi jarak yang sangat jauh, terpisah pulau dan negara. Meskipun begitu, saya tetap bersyukur karena puasa tahun ini saya bisa menikmati dengan kondisi yang jaauuuuh lebih baik dari tahun kemarin, Alhamdullilah.

Waktu sahur “mungkin” menjadi hal yang berat karena harus bangun sendiri dan menikmati menu sahur sendiri di rumah majikan, tentu beda rasanya kalau makan sahur dengan keluarga di rumah. Tapi, Alhamdullilah, rasa kebersamaan yang terjalin menjadikan makan sahur pun terasa nikmat karena meski terpisah dengan rumah majikan, masih ada hape sebagai alat penyambung. Saling membangunkan dengan mengirim SMS atau telpon, bisa juga dengan Whatsaap yang lagi ngetren atau media lain, seperti LINE, Wechat, Kakaotalk dan lainnya.

Saat libur tiba, menikmati buka puasa bersama kawan-kawan itu sudah menjadi pengobat kangen dengan kampung halaman. Apalagi dengan menu masakan Indonesia, lengkap sudah rasanya. Kebersamaan dan rasa kekeluargaan menjadi amunisi tanpa harus membeli dengan harga mahal.

Rasa senasip dan sepenanggungan di negara rantau menjadikan kebersamaan begitu sangat terasa. Victoria Park setiap Minggu selalu menjadi “Kampung Jawa” bagi ribuan BMI yang menikmati hari libur. Bercanda bersama, makan bersama, belajar bersama dan banyak lagi kegiatan positif lainnya bisa dilihat di sana.

Makan bersama  itu nikmatnya luar biasa, hajaaarrrrr


Jadi, nikmat mana lagi yang kau dustakan? J

Selamat menunggu datangnya hari kemenangan di tahun 2013 ini. Semoga masih bisa menikmatinya di tahun-tahun yang akan datang dengan suasana yang jauh lebih indah lagi tentunya.

You Might Also Like

0 komentar