BNP2TKI

Jumhur dan BNP2TKI Biang Kerok Permasalahan BMI

1:57 PM


 Salah satu koran terbitan Hong Kong

Ada yang panas dingin baca judul di atas? Biar tambah panas lebih baik baca tulisan ini sampai selesai 😄

Dua koran cerak berbahasa Indonesia di Hong Kong (yang saya baca sih 2) Minggu kemarin membahas soal tuduhan
Jumhur Hidayat, si ketua BNP2TKI yang mengatakan bahwa Jawa Timur adalah biang kerok KTKLN.

Perlu diketahui bersama bahwa Jawa Timur adalah pengirim terbanyak buruh migran ke Hong Kong dan negara Asia Pasifik lainnya, seperti Taiwan, Jepang, Korea.

KTKLN sendiri mulai mencuat dan menggemparkan dunia tenaga kerja di luar negeri sejak tahun 2011 awal. Padahal dalam UU, KTKLN seharusnya sudah ada sejak tahun 2004, tapi kenapa baru diwajibkan (kata Jumhur sih wajib) beberapa tahun kemudian. 

Sejak KTKLN menjadi hantu bagi para buruh migran di luar negeri, cerita dan kisah tentang pengurusan KTKLN pun beterbangan mulai dari Facebook sampai ke media mainstrem dan bahkan Jokowi, Gubernur DKI Jakarta pun urun komentar bahwa KTKLN tidak berguna buat TKI.

Jumhur Hidayat dimana-mana selalu mengatakan bahwa KTKLN adalah kartu wajib yang harus dimiliki setiap TKI yang bekerja di luar negeri.  Alasannya karena kartu ini bisa melindungi TKI di luar negeri. Hebatnya KTKLN.

Faktanya bagaimana? 

Kalau diadakan voting tentang KTKLN, kira-kira antara yang mendukung dan menentang lebih banyak mana? Silahkan jawab di kolom komentar ya. 

    Aksi penyobekan KTKLN (Foto: Liana Citra)

Masih ingat Erwiana? BMI Hong Kong ini juga memiliki KTKLN, tapi sayang, tubuhnya sampai babak belur saat dipulangkan diam-diam oleh majikannya dan melewati Imigrasi Hong Kong, Imigrasi Indonesia dan konter BNP2TKI di bandara tetapi Erwiana tetap lolos. Iya, lolos dari kesaktian KTKLN yang seharusnya, kata Jumhur sih, KTKLN bisa membantu BMI yang terkena masalah di luar negeri.

Berikut ini saya sertakan beberapa link tentang tulisan saya mengenai KTKLN dan BNP2TKI, keduanya berhubungan erat dengan Jumhur Hidayat.


BNP2TKI: Sumber kesengsaraan BMI http://m.kompasiana.com/post/read/394755/1/bnp2tki-sumber-kesengsaraan-bmitki

BNP2TKI: Call Center Tak Berguna 
http://m.kompasiana.com/post/read/397385/1/halo-tki-yang-tak-bisa-membantu-tki


BNP2TKI: Calo Resmi pembuatan KTKLN
http://m.kompasiana.com/post/read/406378/1/ktkln-dan-calo-calo-resmi-bnp2tki


BNP2TKI: KTKLN Mo Kwai Yung
http://m.kompasiana.com/post/read/526685/1/inilah-bukti-tidak-berfungsinya-ktkln-bagi-bmi

Masih banyak tulisan lainnya yang berhubungan dengan buruh migran, silahkan main ke 
http://www.kompasiana.com/fera_nuraini

Terakhir Jumhur ke Hong Kong akhir bulan Januari lalu. Kunjungan ke Hong Kong katanya sih untuk meminta pemerintah Hong Kong mengusut tuntas kasus Erwiana, dan di sisi lain juga "mengemis" untuk membuka  lowongan pekerjaan bagi buruh migran sektor formal. 

Di banyak media, Jumhur  mengatakan bahwa pengiriman tenaga kerja sektor informal akan di stop dan diganti dengan sektor formal. Biar naik level alasannya. Padahal aslinya sama, la wong perekrutannya saja masih ambur adul sejak di Indonesia. Mau formal atau informal kalau caranya masih salah jangan harap akan ada perubahan.  

Saat tak sengaja bertemu Jumhur di lobi hotel Regal Causeway Bay, Jumhur mengatakan telah mengusulkan untuk membuka kantor cabang BNP2TKI di beberapa kabupaten di Jawa Timur, untuk memudahkan pengurusan KTKLN, alasannya.

Bagaimana tanggapan kawan-kawan? Setuju gak?

Saya langsung menjawab, "Pak, kenapa gak dihapus saja sih, jelas-jelas KTKLN gak berfungsi." 

"Kan ada dalam UU." Jawabnya.

Saat seruan semakin keras untuk menghapus KTKLN, rupanya Jumhur juga semakin giat melobi untuk tetap melanggengkan KTKLN. Buktinya, pernyataan Jumhur yang akan membuka kantor cabang di beberapa kabupaten itu tadi. Saya doakan semoga usulannya ditolak oleh pemerintan. Aminkan ya, kawan.

Saat Jumhur siaran di radio DBC Hong Kong saat kunjungan tersebut, banyak sekali penelepon yang menanyakan soal KTKLN. Dan jawabannya pun sama, KTKLN wajib bagi BMI.

Saya ingin mengomentari sedikit soal konter perwakilan BNP2TKI di bandara. Selain peralatannya seperti komputer yang sangat jadul, SDM-nya pun sangat memprihatinkan. Kinerja lambat, tidak sopan, dan terkesan main-main dalam bekerja, bahkan ada yang nyambi jualan pulsa di sana. 

Hallo Pak Jumhur, semoga anda masih ingat dengan saya. Waktu saya tanya kenapa kok anda gak diganti dengan yang lain untuk mimpin BNP2TKI, anda menjawab, "gak tau ini, padahal saya sudah bosan."

Momen yang pas, Pak. Kalau sudah bosan, lebih baik anda mundur saja dari BNP2TKI, itu lebih terhormat kok, Pak. Lagian BNP2TKI sebenarnya bukan membantu para TKI tapi malah menyengsarakan TKI. KTKLN dan pejabat yang sering malak itu buktinya. 

Tapi kawan, katanya Jumhur dulunya seorang aktivis ya? Tentu sangat vokal terhadap pemerintah. Tapi sayang, kawan, setelah jadi pejabat semua berubah. Jangankan mengritik orang-orang dipemerintahan, dikritik saja tidak mau. 

Namanya apa kalau bukan penjilat? 

You Might Also Like

30 komentar

  1. KTKLN TIDAK BERGUNA
    KTKLN TIDAK BERGUNA
    KTKLN TIDAK BERGUNA
    HAPUS SEKARANG JUGA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumur hidayat itu aja koropsi pakai embel embel KTKLN,memalukan

      Delete
  2. Top banget Fen, wajah e pak Jumhur ki asline pie to

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak di foto-fito itu mbak

      Delete
    2. Jumur hidayat itu yg koropsi embel embel KTKLN,knp g dipecat aja dri jabatan.memalukan

      Delete
  3. Ayo BMI Kita kibarkan perang dengan BPN2TKI .....hapus paksa KTKLN.....KTKLN gk fungsi ngapain masi gentayangn harusnya d musnahkan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. La iya, ngabisin duit negara saja dan tak ada gunanya padahal

      Delete
  4. Pemerintah koyo gatel isone mung malak ae

    ReplyDelete
  5. KTKLN dan BNP2TKI mou kwae young.
    bubarkan aja.
    para petugas yg sellu memeras BMI bebas beraksi karna berlindung di bawah payung BNP2TKI. sadis seperti PKI yg suka menyengsarakn rakyat.
    bubarkan saja BNP2TKI dn para bawahan jumhur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena BMI gak
      butuh Jumhur dengan BNP2TKI kok ya, wong malah bikin repot

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Yg pasti KTLN lumbung uang untuk partai!
    Maklum anak kesayangan bu ani maka'y dia di ksh posisi sbagai kepala BNP2TKI.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. KATANYA KTKLN SENJATA NO 1...TAPI SAMPAI ADA YG BABAK BELUR G ADA YG NOLEH.KEPET WI .....MANUSIA DIBUAT PARTAI....

    ReplyDelete
  10. Ktkln kyok Pki se7 ,,,..... sampah berwujud harta

    ReplyDelete
  11. Pasti vote bubarkan ktkln yg tak berguna,,,,,

    ReplyDelete
  12. Nau meras tki tkw aja pake alasan ktkln,dah kehilabgan akal cari duit kali tuh si jumhur

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum Mbak. InsyaAllah saya sbntar lgi akan jdi seorang TKI, n ini lgi mempelajari kerumitan" / masalah apa saja yg sering muncu dlm proses pengurusan dokumen" dsini, ternyata paling sering yg namanya KTKLN, oya Alhamdulillah kmarin ps liat brita di tv ada berita bahwa Jumhur udah dipecat oleh Sby, smoga ini mrupakan awal dri musnahnya ktkln.. Amiin.

    ReplyDelete
  14. Gara gara ktkln tiketku hangus ke malaysia . Imigrasi ga cekal aq tapi pihak airline air asia yg tahan aq karna ga da ktkln. Katanya gratis eh byar 125 medical dan 170 asuransi. Kok maksa ea pdahal kan aq dah 8 taunan dimalaysia .pake mdical kayak yg bru brangkat aja. Asuransi mlysia ga laku tetep kdu asuransi antek2 bnp2tki. Dah tiket hangus ckckck dasar MAFIA TKI. ga seneng apa liad orang susah dapet duit pengen aja ikud makan orang susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, kapan berangkatnya?
      KTKLN sudah gak diwajibkan sama Imigrasi di semua bandara Internasional kata dirjen Imigrasi yang baru

      Delete