Agen Hong Kong

Tak Ingin Dibodohi Agen dan Majikan, BMI Adakan Training HukumPerburuhan Hong Kong

1:09 PM

  Di bawah pohon kemiri kami berbagi


Minggu, 23 Februari 2014, kawasan Victoria Park masih menjadi tujuan bagi kebanyakan BMI yang berlibur. Dan hari itu, organisasi Beringin Tetap Maju (BTM) yang juga menjadi anggota dari Aliansi PILAR mengadakan acara sharing bersama, berbagi soal hukum ketenagakerjaan di Hong Kong.

Di bawah pohon kemiri, markas BTM setiap Minggu, acara sharing ini diikuti oleh 20 lebih BMI Hong Kong, selain anggota BTM sendiri, ada juga yang datang karena membaca status yang disebar via Facebook.

Setiap BMI wajib mengenali hak-hak apa saja sebagai pekerja. Seperti gaji setiap bulan, hak libur, cuti tahunan, 

Setiap BMI yang akan bekerja ke luar negeri, dia diharusnya mengikuti training yang diberikan PJTKI, tetapi sayangnya training yang diberikan tersebut tidak bermutu atau jauh dari kebutuhan calon tenaga kerja baru.

Seperti peraturan  pemerintah tidak pernah dijelaskan dengan gamblang, peraturan sebagai pekerja apa saja juga tidak dijelaskan, mengenai masyarakat di negara tujuan, budayanya yang jauh beda dengan Indonesia  juga sangat minim diberikan saat tinggal di penampungan. 

"Contoh lain adalah keselamatan kerja, seperti membersihkan jendela bagian luar, seharusnya ini tidak boleh bagi pekerja rumah tangga karena sangat berbahaya. Baru-baru ini, seorang BMI Hong Kong yang bekerja  baru 3 hari di rumah majikan terjatuh saat mengelap jendela dan akhirnya meninggal dunia. Ini bukan hanya 1, tetapi sudah banyak BMI yang meregang nyawa saat mengelap jendela di rumah majikannya." Jelas Eni panjang lebar.


"Seharusnya training tidak diberikan ke pihak swasta tetapi ke pemerintah." Jelas Eni Leatari, Koordinator PILAR saat memberikan sharing di markas BTM

Dengan memahami apa yang ada di dalam kontrak kerja standart karena selama ini hanya di kantongi dan tidak tau apa isi kontrak tersebut karena dalam bahasa Inggris. PJTKI maupun Agen tidak pernah memberi tau dalam bahasa indonesia per klausa.

"Berharap setelah diadakan training hukum ini kawan-kawan bisa paham apa yang sebenarnya menjadi hak dan pekerjaan yang sesuai dengan kontrak kerja mereka. Selain dirinya sendiri paham, harapan terbesar bisa membantu atau nenjawab kawan-kawan yang membutuhkan bantuan paling tidak bisa memberi saran atau masukan kalau ada BMI lainnya yang konsultasi." Tambah Kak Sumber, ketua BTM-PILAR.

Inilah penntingnya berorganisasi selain Berkumpul bersama teman saudara  kita juga bisa berjuang, belajar tentang hak-hak perburuhan di HK. Walaupun kita BMI yang di anggap rendah oleh masyarakat tapi kita mampu menunjukkan bahwa tidak semua BMI itu bodoh melainkan di bodohi oleh agen dan Pemerintahan. 

Jadi, jangan ragu untuk bergabung dengan organisasi, ajak Kak Sumber.

Bagi yang ingin berkonsultasi mengenai kontrak kerja hak-hak sebagai BMI, silahkan menghubungi

Kak Jepi: +852 9685 1379
Kak Sumber: +852 9174 1719
Kak Ahan: +852 9174 1307
Kak Fendy: +852 9451 8447

You Might Also Like

4 komentar