Blog bagi TKI

Bertambah PD dan Keren Berkat Go Blog

6:52 PM

    My Blog feranuraini.com


Era digital sudah tak bisa dijauhkan lagi dari kehidupan kita. Punya gadget mahal buat apa aja sih?

Facebook, Twitter, Whatsaap, Line, Wechat, Path, Instagram dan masih banyak lagi media sosial lain memenuhi hape Anda pastinya. Apakah digunakan semuanya? Kayanya enggak deh.


Saya sering mendengar komentar teman-teman saya di media sosial. Install App media sosial banyak banget, padahal temennya juga itu-itu mulu. Nah lo. Apa ruginya? Gak ada sih, tapi sebaiknya kalau menurut saya fokus saja di beberapa media sosial dan tak perlu menggunakan semuanya. Misalnya memilih Facebook dan Twitter untuk
bermedia sosial, Whatsaap untuk ngobrol lebih intens dengan teman atau saudara, Instagram untuk share foto narsis *eh

Tapi pilihan kembali ke Anda, yang selagi semua membawa hal positif bagi kehidupan dan juga orang lain *halah

Ada aplikasi yang sepertinya dilupakan karena masih kurang populer di kalangan buruh migran. Apa itu? Blog. Ya, Blog masih jarang digunakan oleh para buruh migran di luar negeri, padahal kekuatan Blog tak kalah dengan media sosial semacam Facebook.

"Blog itu kan harus orang pinter yang bisa."

"Blog, susah bikinnya."

"Blog, buat apa sih. Facebook aja cukup."

"Blog. Apa itu."

Sederet komentar yang saya dengar saat menyebut kata BLOG.

Nge-Blog itu gak susah kok, percaya deh. Malah kalau sudah bisa dan terbiasa akan menjadi ketagihan. Paling tidak itu yang saya rasakan waktu awal-awal go-Blog.

Syarat nge-Blog apa sih?

Harus mempunyai rasa percaya diri untuk  menulis tentunya. Kalau rasa PD sudah dimiliki, percayalah bahwa bahan apapun akan menjadi tulisan yang enak dibaca. 

Bagaimana kalau belum PD untuk menulis? Ya udah, posting aja foto-foto di Blog dan kasih keterangan di masing-masing foto tadi. Nah dari keterangan foto yang hanya sebaris kalimat itu, nanti lama-lama pasti kalimatnya akan bertambah panjang dan jadilah satu paragraf. Nah dari awalnya satu paragraf ini, pasti lama-lama akan berkembang menjadi satu artikel. Awalnya dari apa? Dari sebuah foto. OK sip.

Tahukah Anda kawan migran bahwa dengan menulis di Blog, tulisan Anda bisa memengaruhi dunia. Tinggi amat yak kesannya. Tapi ini serius loh.

Pengalaman pribadi saya nih. Saya pernah menulis tentang isu KTKLN yang dijuluki "kartu setan" di Blog Kompasiana dan www.buruhmigran.or.id  tahun 2011.

Hasilnya apa? Alamak, inbok saya langsung penuh dengan pertanyaan soal KTKLN. Fungsinya untuk apa sih  bagi BMI di luar negeri? Penting gak sih? Gimana bikinnya? Dimana cara membuatnya? Dan pertanyaan lain. Dan pertanyaan ini saya dapat dari para BMI yang tersebar mulai dari Arab Saudi, Taiwan, Malaysia, Singapura dan tentu saja kawan-kawan di Hong Kong.

Efeknya apa dari tulisan itu? Ya paling tidak dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. 

Lalu apa yang didapat dari Blog? Kepuasan, teman yang banyak, punya jaringan dari berbagai kota atau negara dan banyak lagi. Tapi hal yang kita lupakan dari hasil Blog adalah pikiran kita akan menjadi plong dan enteng saat bisa mengeluarkan uneg-uneg dalam kepala menjadi sebuah tulisan apalagi kalau tulisan itu bisa menginspirasi orang lain.

Sisi lain yang didapat adalah dengan nge-Blog rasa percaya diri Anda akan semakin tinggi. Percaya deh. Saya yang awalnya minder dan gak PD, yang dulunya sangat pendiam dan pemalu kini bisa berubah sebaliknya, eittss tapi dalam batas kewajaran :D 

Yakin deh bahwa dengan nge-Blog dan menjadi seorang Blogger itu keren. Kalau saya ditanya, hal apa yang membuatmu PD? Saya akan menjawab berkat nge-Blog #Tsah

Yuk nge-Blog
Yuk go-Blog
Yuk menjadi Blogger.

Jadilah bagian dari orang-orang keren dengan go-Blog.

Saya Blogger, Anda? 



You Might Also Like

8 komentar

  1. saya juga blogger mak, biar ga bengong ajeh di rumah hehe

    ReplyDelete
  2. Ngeblog memang bikin kita keren. Mari terus ngeblog... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar tambah keren terus ya mak :D go go go blog

      Delete
  3. iya emang masih banyak yang kurang minat sama nge-blog. padahal banyak buktinya diseluruh dunia orang bisa dapet banyak keuntungan dari ngeblog.
    sukses terus ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa keliling dunia
      berkat blog juga banyak :)

      Delete