BMI Hong Kong

Warna-warni Rasa Lebaran di "Kampung Jawa" Victoria

10:06 AM

     Lautan umat muslim di Victoria Park

Lebaran di Indonesia tahun ini serempak jatuh pada hari Senin, 28 Juni 2014. Indahnya, semua dalam suka cita menyambut hari kemenangan setelah menjalani ibadah puasa sebulan lamanya.

Senin pagi bangun tidur langsung telpon Emak, belum mengucap salam dan masih "halo" saat saya mendengar suara isakan tangis di sana.

"Mak, kok nangis to." tanyaku

"Sedih kowe gak enek omah saben lebaran." jawabnya.

Lalu saling memaafkan dan banyak sekali doa dia panjatkan untuk anak perempuan satu-satunya ini yang saya yakin akan dikabulkan oleh-Nya (amin).

Lebaran kedelapan di negeri Beton silaturahmi dengan orang tua hanya sebatas suara. Saya yakin bukan hanya saya seorang yang merasakan demikian tapi banyak juga kawan lain merasakan hal yang sama.

Hampir setiap lebaran hari pertama saat menelepon Emak, pasti saya mendengar isakan suara tangisnya. Pernah lebaran dua kali di kampung tahun 2009 dan 2011 dan saat acara bermaaf-maafan pun saya masih melihat air mata mengalir deras di pipinya. Antara bahagia melihat anaknya bisa merasakan lebaran di kampung dan berkumpul dengan keluarga, juga merasakan sedih karena setelah lebaran harus menjauh lagi.


Berlebaran di kampung halaman memang  rasanya tidak ada duanya, itulah kenapa banyak orang rela berdesakan atau bermacet ria demi bisa berlebaran dengan keluarga di kampung masing-masing.

Di Hong Kong sholat ID dilaksanakan hari Selasa (kemarin) bertempat di lapangan Victoria Park dengan Imam dan Khatib Amdullah Gymnastiar atau Aa Gym. Sholat dimulai pukul 8.30 pagi  waktu Hong Kong diikuti oleh mayoritas para buruh migran yang diberi ijin oleh majikan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri, usai
sholat mereka kembali pulang ke rumah majikan dan bekerja seperti biasa.

Termasuk saya, jam 6.30 pagi saya berangkat dari rumah dan sampai di Causeway Bay sudah ramai para BMI yang berbondong-bondong untuk sholat. Jam 7 pagi lapangan sudah terisi separo.  Saya melihat tak sedikit dari kawan-kawan seperjuangan saya ini yang menangis haru teringat orang tua, anak atau suami mereka. Apalagi saat Aa Gym berdoa, semakin banyak terdengar suara isakan di bawah langit Victoria Park.


"Ini lebaran kesepuluh saya tidak pulang kampung."

"Lebaran keempat tidak pulang."

"Dua belas tahun lebaran di Hong Kong, alhamdullilah bisa sholat bareng."

"Pengen lebaran di kampung tapi majikan lagi sibuk, gak bisa gantiin jaga anak, terpaksa gak jadi pulang."

"Majikanku sengaja ngasih aku libur untuk lebaran ini biar bisa sholat. Minggu nanti juga libur lagi."

"Semoga  ini lebaran terakhir aku di Hong Kong, tahun depan pengen pulang terus gak balik ke sini lagi."


Itulah sederet ungkapan yang saya dengar dari mereka usai sholat ID. 

Setelah sholat ID ada yang langsung pulang ada juga yang datang ke KJRI untuk silaturahmi dengan Konjen dan Staff KJRI lainnya, termasuk
saya dan kawan-kawan dari organisasi buruh migran.

Minggu ini (3 Agustus 2014)  dipastikan lapangan akan dipenuhi oleh para BMI yang akan berlebaran di "kampung Jawa" Victoria Park untuk bertemu dengan saudara, kawan atau keluarga mereka. 

    Warna-warni di Victoria Park


   Aa Gym dalam khotbahnya

    Mohon maaf lahir batin ya

    Silaturahmi ke KJRI



Saya pesan untuk kawan-kawan yang berlibur di lapangan, hati-hati dengan barang bawaan masing-masing, terutama hape dan dompet atau tas.  Usahakan janjian menunggu dimana agar tidak susah mencari saat masuk lapangan karena signal untuk menelepon sangat susah apalagi untuk internetan, lebih susah lagi.

Selamat hari raya Idul Fitri.
Mohon maaf lahir batin.

Sampai ketemu Minggu ini di kampung Jawa. 

You Might Also Like

3 komentar

  1. ┆ ". ...人
    . ( ◎). ______人
    ..║ ∩║____.-:'''"''";-.
    ..║ ∩║___(*(*(*|*)*)*)
    ..║ ∩║_. ║∩∩∩∩∩∩∩∩∩║
    .... Selamat ίϑϋƪ FǐțΓΊ. 1 SYAWAL 1435 H
    ♏ȋ̝̊ηαℓ αȋ̝̊ϑzȋ̝̊η ωαℓ fαȋ̝̊ϑzȋ̝̊η
    Mohon Maaf Lahir dan Batin

    ReplyDelete
  2. memang lebih indah di kampung sendiri walau mungkin penghidupan di luar sana lebih bagus, Mohon maaf lahir dan bathin.

    ReplyDelete
  3. mohon maaf lahir batin yaa ,, kurang pas kalau ga mudik..

    ReplyDelete