fera bmi hongkong

Kita Akan Saling Menjaga dan Mengingatkan

3:24 PM



 (Google Images)




"Aku pulang dulu, nanti sampai rumah aku telpon ya."
Pesan suami saat akan meninggalkan istrinya yang terbaring di ranjang rumah sakit.

"Iya, hati-hati di jalan."
Jawab istri sambil memandang wajah suaminya.


"Nanti malam mau dibawain apa. Kemarin semangkanya manis, kan? Beli jeruk gak ada yang manis." Kata suami lagi.

"Gak usah bawa apa-apa. Eh aku pengen kue. Bawa satu aja." Pesan istri.

"Ok nanti malam tak bawain. Ya sudah, aku jalan dulu. Sampai rumah aku telpon." 
Kemudian dia berjalan, 3 meter dari istri dia menoleh lagi dan istri melambaikan tangan.

Jam 11.30 pagi, dengan tertatih, sang suami menaiki tangga Rumah Sakit di kawasan Wan Chai untuk menjenguk istrinya. Dengan bawaan tas kresek di tangan. Tanpa tongkat, tanpa pendamping, dia jalan sendiri. Jalannya tertatih, setapak demi setapak, pelan dan pasti sampai akhirnya dia berhasil masuk dan menunggu lif menuju lantai 6.


Tidak mudah untuk menuju RS ini karena harus menaiki  tangga. Saya saja yang masih muda begini bisa merasakan bagaimana pegalnya ini kaki saat siang dan malam harus naik turun tangga menuju ke sana, apalagi si Kakek ini. Tapi saya tahu semua itu dilakukan demi istrinya tercinta yang entah kapan akan pulang ke rumah.

Biasanya jam 12 siang dia akan pamit pulang dan kembali lagi jam 5 sore, dengan bawaan yang sama, tas  kresek berisi makanan dan irisan buah. Hari ini saya lihat ada satu kotak kecil sayur yang dia masak. Sengaja dimasak sampai lembek agar istrinya mudah mengunyah karena sayur di RS tidak ada rasanya. 

Jam 5 sore adalah jadwal makan malam di RS. Usai makan, jam 6, sang istri akan mengeluh perutnya mules. Dengan tertatih si suami akan ke toilet mengambilkan benda kusus yang mirip toilet (duh lupa namanya apa) untuk istrinya. Semuanya dia kerjakan sendiri, tidak memanggil suster atau penjaga di RS untuk membantu padahal itu bisa dia minta.

Usai istri selesai melaksanakan ritual, suami akan membawa benda tersebut ke toilet dan kembali lagi ke ranjang sang istri. Dia mengambil handuk dan kembali ke toilet untuk dia cuci dan akan dia gunakan untuk mengelap wajah istrinya dengan pelan.  Setiap hari, siang dan sore hari dia melakukan semua ini. Saya tidak melihat ada anak atau saudara yang menjenguk mereka. Setiap hari hanya suami yang setia mendampingi istri. 

Hampir 2 Minggu saya melihat mereka setiap harinya. Ada rasa kasian dan rasa trenyuh melihatnya. Mereka saling mengingatkan satu sama lain, saling menjaga di umur mereka yang sudah 80 tahun lebih itu. Dan saat suami sampai di rumah, kira-kira jam 7 malam, hape istri berbunyi pertanda telepon masuk,

“Sudah sampai rumah?” jawab  dia dengan nada tanya.

“Oh ya sudah, mandi trus istirahat ya.” pesan dia kemudian melipat hapenya dan ditelakkan di atas meja, lalu selanjutkan dia akan merebahkan tubuhkan, memejamkan mata dan mulai terlelap.

Pasangan ini mengingatkan saya dengan orang tua saya di rumah. Kalau urusan bawel saya rasa Emak saya jagonya, tapi kalau urusan teliti, Bapak saya adalah pemenangnya, meski kadang pelupa dan saat diingatkan akan menjawab, “masa”.


"Raut wajahmu ketika kau merasa kesakitan, akan ku ingat selalu untuk ku jadikan motivasi dalam hidupku dalam membahagiakanmu, rintih suaramu kala itu akan ku ingat selalu untuk ku jadikan cambuk dalam malasku"





You Might Also Like

8 komentar

  1. artikelnya keren banget,,ada hikmah tersendiri dari cerita ini,sungguh perilaku yang patut di contoh

    ReplyDelete
  2. Wah terharu nih baca kisahnya!! Keep post mba!! Follow blog ku juga yah!!

    ReplyDelete
  3. Halo, saya Mrs.Chloe, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: chloemorrisloan@gmail.com atau chloemorrisloanfirm@financier.com

    ReplyDelete
  4. Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Mrs Morgan Debra, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka peluang keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (morgandebra816@gmail.com)

    ReplyDelete
  5. Saya Ingin menggunakan media ini dalam mengapresiasi Renee Mooney pendanaan setelah ditipu uang saya, dalam waktu kurang dari 24 jam Dia membantu saya keluar. Dia adalah kepercayaan layak dan affordable.Contact nya di (reneemooney@outlook.com).

    ReplyDelete