Blogger BMI Hong Kong

Hari Gini Masih Kena Tipu Scammer Cinta? Sadarlah,,,,,

10:58 PM





Google Images

Buruh migran sampai saat ini masih menjadi objek penipuan paling menggiurkan bagi oknum yang tidak bertanggungjawab. Buruh migran menjadi objek atau sasaran utama karena penipu  beranggapan bahwa buruh migran yang bekerja di luar negeri punya uang banyak dan gampang kena rayuan maut apalagi foto yang dijadikan profil juga mendukung, ganteng pastinya.

Ladies, sudah banyak sekali berita yang mengangkat kasus penipuan via dunia maya. Facebook adalah media sosial yang  paling banyak digunakan penipu untuk mencari uang. Modus pertama, kenalan, say hello lewat inbok lalu mulai tebar pujian dilanjutkan dengan rayuan. Hari berikutnya dia akan terus mengirim pesan buat korban jika sejak awal mendapat respon yang baik. 

Di sini mulailah modus selanjutnya akan dia pasang. Meminta foto bugilmu atau video bugilmu katanya untuk obat kangen dan rindu. Bagi korban yang galau dan kesepian, penipu semacam ini pasti akan dilayani dengan senang hati, apapun yang diminta akan dituruti, termasuk uang. Lalu selanjutnya, kalau foto dan video bugil sudah dikirim, ini akan penipu jadikan senjata untuk memerasmu. Kalau tidak diberi uang dia akan mengancam menyebar foto atau video tersebut.

Rata-rata foto yang dijadikan profil adalah foto berseragam tentara atau polisi padahal foto mereka ini hasil comotan yang sudah menyebar di internet, tapi kalau sudah terlanjur jatuh cinta ya tetap saja akan percaya.

Saya pernah melihat seorang BMI mengupload foto di salah satu grup perkumpulan BMI. Fotonya sedang menangis ditambah capture yang mengatakan kalau hatinya sedang terluka setelah sadar laki-laki yang sudah beberapa bulan berkomunikasi dengannya ternyata adalah suami orang yang menggunakan foto orang lain sebagai profil sedang dia sudah kadung jatuh cinta sama si lelaki tersebut. Mereka sering teleponan tetapi si laki-laki selalu menolak saat diajak video call.

Duh, kasihan melihatnya. Banyak yang mengatakan prihatin tetapi tak sedikit yang mengatai bodoh dan goblok, kok ya mau saja berhubungan sama orang yang wujudnyas saja belum jelas. 

Tapi, banyak juga yang karena malu, para korban tidak berani mengungkapkan pengalamannya ke orang lain, padahal cerita penipuan seperti ini bisa menjadi pelajaran bagi yang lain agar hati-hati saat bekenalan dengan laki-laki di dunia maya. 

Sayangi tubuhmu, sayangi uangmu. Saat foto dan video bugil sudah berada di tangan orang lain, kemungkinan menyebar lebih tinggi daripada tidak. Jangan sekali-kali mengirim gambar tubuhmu tanpa busana ke orang lain apalagi orang tersebut baru dikenal dan kenalnya pun hanya di media sosial. Foto akan mereka jadikan dalih untuk terus memerasmu, kalau tidak diberi apa yang mereka minta, foto akan disebar diinternet. Bayangkan apa jadinya kalau keluarga kita di kampung halaman sana tahu? 

So, mulai sekarang, pintar-pintarlah memanfaatkan media sosial. Gunakan seperlunya untuk hal yang positif. Berbagi informasi, menambah jaringan, bisa juga untuk jualan yang menghasilkan uang dan hal positif lainnya.

Memang menasehati orang yang sedang jatuh cinta itu sangat susah. Tak ada salahnya kita terus saling mengingatkan sesama teman. Dan benar bahwa tidak semua laki-laki di dunia maya itu brengsek, tapi tidak ada salahnya juga kita terus pasang alarm agar tetap waspada dengan segala kemungkinan yang terjadi salah satunya dari para scammer cinta. 

Ingat! Cinta maya itu cintanya maya tapi sakitnya nyata. 

Sayangi tubuhmu, jangan sampai tertipu dan uangmu habis terkirim untuk orang yang tidak jelas.

You Might Also Like

2 komentar

  1. waduh miris yah,,
    kaya ceritanya masih anak-anak dibawah umur saja, mudah tertipu..
    mereka kan udah dewasa.. ampun deh

    ReplyDelete