bmi hongkong

Ini Hukuman dan Denda untuk Majikan Erwiana

1:30 PM





Law Wan Tung, mantan majikan Erwiana hari ini kembali disidang di Pengadilan Distrik Wan Chai. Sidang kali ini untuk memutuskan  berapa lama Law Wan Tung dipenjara. Dalam sidang yang dipimpim oleh Hakim Amanda Woodcock, Law dijatuhi hukuman selama 6 tahun penjara dan denda HK$ 15.000 (setara Rp  24,600,000).

Hakim mengatakan bahwa perilaku terdakwa hina dan tidak menunjukkan kasih sayang terhadap korban (Erwiana). Amanda juga mengatakan bahwa perilaku kasar bisa dicegah jika pembantu rumah tangga tidak dipaksa untuk tinggal bersama majikan mereka. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa PRT diwajibkan tinggal bersama majikan dan hal ini yang sering kali menjadi penyebab kekerasan dari majikan terhadap pekerjanya.

Dalam sidang sebelumnya, Law dinyatakan bersalah atas 18 tuduhan dari 20 dakwaan.  Pengacara Law Wan Tung memberikan pembelaan bahwa Law selama bertahun-tahun memberikan kontribusi untuk kegiatan sosial sebesar HK$ 70.000 (Setara Rp 110 juta lebih) ke Organisasi Po Leung Kuk dan Unicef. Pengacara masih belum tahu apakah akan melakukan banding atau tidak.

Komentar buruh migran atas vonis ini pun beragam tetapi rata-rata mereka belum puas terhadap vonis yang diterima Law Wan Tung atas perbuatan  yang dilakukan terhadap Erwiana. Kekerasan Law Wan Tung terhadap Erwiana tidak sebanding dengan hukuman yang diterima oleh mantan majikan Erwiana.

Erwiana mengatakan ia memaafkan majikannya. "Tapi keadilan harus ditegakkan," katanya, seraya menambahkan bahwa ia ingin hukuman maksimum untuk bekas majikan tersebut.



Foto dan berita dari scmp.com

You Might Also Like

4 komentar

  1. Replies
    1. Mba fera Nuraini kok cuma 15 ribu g sebanding dengan penyiksaannya wo??? Hihi

      Delete