Agen Buruk di Hongkong

Tentang Kasus Kecelakaan Elis, Ini Tanggapan KJRI Terhadap Agen

10:19 PM


HK ID Elis 


Tersebar kabar sore ini di beberapa Grup Facebook BMI Hong Kong dari Jaringan Buruh Migran Indonesia (JBMI) tentang seorang BMI asal Bandung yang mengalami kecelakaan saat tinggal di boarding house agen. 

Namanya Elis Kurniasih Binti Ahi Komarudi lahir di Bandung, 5 Mei 1981. Elis, single parent dan punya dua anak saat ini duduk di sekolah dasar, datang ke Hong Kong melalui Sun Light Employment Agency. Elis sudah bekerja untuk majikan pertama selama 3 tahun dan kemudian pindah ke majikan kedua melalui agen yang sama. Elis ke Macau untuk menunggu visa kerja baru dan kembali lagi ke Hong Kong pada tanggal 5 Maret 2015 setelah visa kerja resmi turun.

Namun majikan perempuan yang sedang hamil menyuruh Elis untuk menunggu selama 2 bulan di boarding house agen, sampai majikan melahirkan. Boarding house Sun Light Employment Agency beralamat di 1/F, On Ning Building, 425 -431 Shu Kuk Street, North Point. Lokasinya di gedung tua, flat studio sempit, tidak ada kamar dan tempat tidur sehingga PRT Indonesia yang rata-rata 20 sampai 30 orang tidur di lantai dengan tikar, tempat masak dan kamar mandi terletak di teras di luar flat.

Rabu, 11 Maret 2015, dini hari pukul 5 pagi ketika Elis ke teras untuk ambil wudhu dan sholat, tiba-tiba balok AC dari lantai 5 jatuh dan mengenai Elis dan melukai tulang punggung belakangnya. Elis langsung pisan, tulang belakangnya patah dan mengalami pendarahan parah. Kepolisian membawa Elis Ke Pamela Youde Nethersole Eastern Hospital di Chai Wan. Elis masih dalam keadaan kritis dan pihak Rumah Sakit meminta pihak keluarga untuk segera didatangkan ke Hong Kong.

Tersebarnya kabar ini menjadi kabar duka bagi para buruh migran di Hong Kong. Dengan cepat, berita ini pun menyebar dan doa-doa pun mengalir untuk Elis. Malam ini saya mencoba menghubungi salah satu staff KJRI dan menanyakan apa tindakan KJRI dalam kasus yang menimpa Elis. Pihak KJRI menyatakan telah mengirim staff dan melihat kondisi Elis di Rumah Sakit tadi pagi. 

“Kita sudah bicara dengan agency dan keluarga kita infokan. Kalau kasusnya sendiri kita tunggu hasil penyelidikan pihak polisi untuk  menentukan apakah ini kasus kecelakaan atau kasus lain penyebabnya. 

“Pengambilan tindakan terhadap agen pasti diambil apabila ada kelalaian tanggungjawab agensi. Setiap tindakan pasti terukur dan obyektif berdasarkan bukti yang konsulat dan polisi temukan.” Tambahnya. 

Agen Sun Light sudah lama dikenal sebagai agen yang tidak bertanggungjawab dan sudah banyak BMI yang menjadi korbannya. Ingat Anis Andriyani yang jarinya dipotong? Dia juga disalurkan oleh agen ini.  Harapan BMI semoga Elis bisa segera pulih dan jika Agen Sun Light terbukti lalai, KJRI benar-benar akan melakukan tindakan tegas dan tidak segan untuk menutup agen ini.

Tulisan lain tentang agen Sun Light:  http://www.feranuraini.com/2014/02/agen-sun-light-memang-brengsek.html



You Might Also Like

14 komentar

  1. Mbak Feranuraini apakah pihak KJRI sudah mengontak keluarganya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dan pihak RS meminta sebisa mungkin mendatangkan keluarganya

      Delete
  2. Moga cepat sembuh mb Elis,Do'a km menyertai mb.

    ReplyDelete
  3. Agen sun Light tidak becus cm meras doang

    ReplyDelete
  4. Agency yg banyak pengaduan and kasus masih juga gk di tutup. Sepertinya consulat tutup mata

    ReplyDelete
  5. Halah..paling klo Sun Light ditutup jg buka lagi dengan nama lain..huhuhuhu mana sanggup siy mereka hidup tanpa memeras uang BMI ?!

    ReplyDelete
  6. Masih banyak temen q yang paspor dan ktp nya ditahan, sama ejen itu,

    ReplyDelete
  7. Masih banyak temen q yang paspor dan ktp nya ditahan, sama ejen itu,

    ReplyDelete
  8. Salam. Maaf out of topic, cuma mau tanya syarat buat E-KTKLN bagaimana? Ada temen di Singapura menanyakan tentang hal ini.
    Dibahas ya di pos blog selanjutnya.

    Terima kasih.
    Raka.

    ReplyDelete