Cermati

Tips Menabung Ala Jomblo

3:21 PM


Saya tipe orang yang sangat menghindari hutang piutang, kecuali sangat terpaksa, misalnya, waktu saya libur dan waktu makan bareng dengan teman tetapi duit di dompet tidak cukup, saya terpaksa meminjam dulu, setelah makan selesai, saya ajak teman saya itu untuk mencari ATM dan mengambil uang untuk segera bayar hutang, kalau terpaksa waktunya tidak mencukupi, Minggu depannya harus saya kembalikan. Saya tidak mau terbebani dengan hutang, apalagi dalam jumlah banyak. 

Saya mengenal kata “menabung” sudah sejak SD dan biasanya saat lebaran tiba para anak-anak kecil akan panen uang dari saudara, kerabat atau tetangga. Saya juga dapat, dan saya masih ingat, sejak kelas 3 SD, Emak saya menyarankan saya, uang hasil lebaran itu dibelikan emas. Jadilah sejak kelas 3 SD, setiap setahun sekali saya membeli emas, meski cuma setengah atau satu gram, tergantung berapa duit dapatnya. Ternyata saran Emak ini cukup efektif karena selain duit saya ada wujudnya, saya bisa ngerem untuk tidak jajan sembarang. Jaman SD saya itu tahun 1990-an, jadi harga emas masih kisaran Rp 25.000 lebih per gramnya. 

Waktu sekolah, uang saku saya sangat pas-pasan jadinya saya tidak bisa menabung. Waktu SD kelas 5, sepulang sekolah, saya nyambi membantu tetangga yang jualan es lilis, saya bagian bantu membungkus, ini berjalan sampai saya kelas 3 SMP. Dari sinilah saya mendapatkan uang, entah 500 atau 1000 dan saya masukkan ke celengan yang saya pendam di dalam tanah. Kenapa saya pendam? Soalnya kalau ketahuan Emak, pasti akan diambil diam-diam saat saya sekolah dan digunakan untuk beli lauk pauk saat Emak tidak punya duit. Emak baru melapor beberapa hari setelahnya.  

Setelah bekerja dan punya penghasilan sendiri, mengatur keuangan bukan hal yang sulit (bah, sombong kali)  bagi saya yang dari kecil kekurangan uang saku dan terbiasa dengan hidup hemat (hemat ya, bukan pelit).

Saya ingin berbagi tips menabung ala saya yang sudah saya jalankan sekitar 9 tahun lebih, maklumin aja ya, soalnya sekitar 9 tahunan ini baru dapat penghasilan rutin setiap bulan.

1. Saving dulu baru Shopping.
Pernah dengar istilah ini, kan? Tau gak sih kalau ternyata kalimat ini sangat dahsyat sekali jika kita mau menerapkannya. Setiap tanggal gajian tiba, usahakan hal pertama yang harus dilakukan adalah saving dulu.  Saya biasa gajian akhir bulan dan saya sisihkan dulu berapa duit yang harus ditabung dan berapa duit untuk kebutuhan satu bulan berikutnya. 

2. Catat kebutuhan rutin setiap bulan.
Kebutuhan pasti para wanita setiap bulan adalah membeli pembalut, termasuk saya. Kebutuhan rutin lainnya membeli pulsa, uang trasportasi dan jatah untuk makan saat liburan serta menyisihkan untuk dana kebutuhan tak terduga. Untuk kebutuhan tak terduga ini, saya menyiapkan dana khusus yang kalau tidak terpakai,  bulan depannya harus dimasukkan ke dalam tabungan.

3. Catat pengeluaran 
Banyak yang beranggapan kalau mencacat pengeluaran setiap bulan itu ketahuan pelitnya, eh kata siapa? Saya termasuk orang yang mencatat pengeluaran saya secara detail setiap bulan di note hape. Cara ini lumayan efektif untuk mencegah terjadinya kebocoran anggaran dari dana yang sudah kita siapkan di bulan tersebut. Misalnya, bulan kemarin saya habis Rp 500.000, kok bulan ini saya habis Rp 800.000, buat apa saja sih? Kita bisa melihat lagi catatat kita buat kebutuhan apa saja. Ini bisa jadi pengerem juga saat tanggal masih di angka 20 (misalnya) tetapi dana yang kita siapkan sudah hampir habis. Jadi cewek harus cermat dong ih. 

4. Cek Saldo agar Semangat
Ini terkesan norak ya, tapi ternyata cukup mampu menjadi penyemangat kita agar bulan berikutnya terus rutin menabung agar angkanya terus nambah dan nambah. Tapi jangan setiap hari ngeceknya, cukuplah dua Minggu sekali atau setiap kali dana sudah masuk ke tabungan. Gunakan fasilitas online untuk mengecek dan screen shot kalau perlu, lalu bandingkan dengan bulan-bulan lalu (Aseeekkk, tabungan nambah terus). 

5. Hemat adalah kunci utama
Hemat bukan berarti pelit. Jangan malu membawa air minum atau makanan saat keluar rumah untuk bekerja atau untuk liburan, selagi kita bisa, kenapa enggak! Ini akan sangat menekan pengeluaran kita dan tentu saja bisa menambah uang tabungan. Oh iya, boleh aja sih nongkrong di Coffee-coffee sambil nyari Wifi gatisan, tapi jangan keseringan, bisa-bisa  dana bulanan jebol saat masih pertengahan bulan. 

6. Utamakan Kebutuhan, Bukan Keinginan.
Kita sering mengabaikan atau sering tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Misalnya, saat masuk ke toko baju, awalnya kita hanya butuh celana, tetapi kenyataannya kita lebih tertarik untuk membeli baju atasan yang sebenarnya  di rumah sudah punya, cuma beda warna saja. Dan fatalnya kita tetap menuruti keinginan tersebut. So, sebelum membeli barang yang kita butuhnya, sebaiknya dicek lagi, di rumah sudah ada apa belum? Masih layak pakai apa tidak. Karena biasanya setelah beli barang dan sampai rumah sudah ada, perasaan menyesal itu selalu ada. Iyalah, nyesel itu selalu datang belakangan, kalau datangnya di depan itu namanya lamaran. (Kapan lamar akuh?)

Sebagai tambahan, saya biasanya menggunakan uang cash untuk jatah bulanan, jadi tidak perlu utak-atik ATM saat duit sudah menipis. Karena biasanya ni, saat isi dompet tinggal sedikit, rencana awal ngambil duit lewat ATM Rp 100.000 (misalnya) jadinya malah ngambil lebih. 

Segini aja tips keuangan ala saya.  Semoga bermanfaat khususnya buat kaum jomblo yang belum begitu banyak kebutuhan seperti beli popok, susu, makanan bayi atau kebutuhan rumah tangga lainnya #Eh. Kalau pengen tahu banyak soal mengatur keuangan, main-main aja ke cermati.com ya, banyak info dan tips menarik soal mengatur keuangan. 




"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel dan Cermati"



You Might Also Like

12 komentar

  1. Saya juga takut berhutang. Siql, bayangannya udah kayak dikejar2 rentenir, gitu. :D

    Semoga bisa mengendalikan napsu shoping, ya. Mau lebaran, nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak, jangan sampek deh berhutang :D

      Delete
  2. keren oy mba segera bayar utang klo lg ngutang.
    saya juga gitu...klo ngutang selalu bayar secepatnya...
    rasanya ngga enak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, gk tenang kalau punya utang :D

      Delete
  3. Wah makasih tipsnya, sukses juga buat GA nya ^^

    Salam kenal ya, saya sudah follow blognya :)
    ditunggu folbeknya ya, ada di kolom bawah sebelah kanan hihi ^^

    ReplyDelete
  4. he he he
    tipsnya njelimet kakaknyah :)

    tapi menabung itu emang penting sih, buat masa depan
    #eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja dulu kakaknyah :D demi masa depan

      Delete
  5. Makasih tipsnya. Aku juga suka nyatet pengeluaran biar bisa dievaluasi lagi akhir bulan. Good luck GA nya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus cermat ya mak :D
      Makasih lo udah mampir

      Delete
  6. saran yang sangat informatif sekali, cuma saya masih bingung kalau sekarang nabung nantinya buat apa, hehehe

    ReplyDelete
  7. Harus punya target. Misalnya 1 tahun ini harus punya duit sekian. Itu juga bikin kita tahan dari godaan barang-barang belanjaan :)

    ReplyDelete