cabut gigi

Ini Cara Cabut Gigi di Rumah Sakit Hong Kong, Murah dan Tidak Sakit

11:38 AM



www.suggestkeyword.com




Sebelum saya berbagi tips atau cara mencabut gigi ke Rumah Sakit dengan biaya murah meriah, please ya baca dulu pengalaman saya ini, sudah 4 tahun lalu sih, tetapi ternyata lumayan banyak inbok masuk setelah mereka menemukan postingan saya ini di Kompasiana.

Untuk kedua kalinya saya harus merelakan gigi  bawah dicabut. Karena tumbuhnya miring, sering bengkak dan kalau sudah begini giginya masuk ke daging. Sakitnya jangan ditanya, lebih enakan sakit hati dari pada sakit gigi. Beneran deh gak bohong.

Gigi yang pertama (kanan bawah paling belakang) dicabut oleh dokter gigi, sedang gigi kedua (kiri bawah paling belakang) nyabutnya di rumah sakit, karena dokternya tidak berani mencabut alasannya posisi gigi terlalu sulit dan kemungkinan harus operasi. Tak tanggung-tanggung, saya dikasih tahu kalau nyabut gigi ke dokter biayanya HK$ 2500. Weuih, dapat kambing 2 buat korban ni.

Alhamdullilah ya dokter ini baik sekali meski tarifnya mahal (emang ada dokter di Hong Kong yang murah?). Dia memberi surat pengantar untuk dibawa ke rumah sakit. Di rumah sakit peralatannya lebih memadai dan biayanya juga sangat murah meriah, kata dokter. Saya pun menelepon ke rumah sakit tersebut, tapi ternyata tidak langsung bisa dicabut, harus dilihat dulu giginya dan tindakan apa yang akan diambil.

Ya sudah, saya pun mendatangi rumah sakit tersebut setelah ijin sama majikan. Berangkat pagi-pagi biar dapat antrian paling depan. Setelah bertemu dengan bagian pendaftaran, ternyata tidak bisa hari itu juga dicabut, harus nunggu antriannya dulu, nanti akan ditelpon. Ya sudah manut.

Bulan 6 akhir daftar, bulan 8 akhir dapat panggilan. Kebetulan pas lagi cuti di kampung jadinya diundur sesuai dengan tanggal yang saya minta. Dan alhamdullilahnya lagi ternyata prosesnya tidak lama.

Saat hari H yang sudah ditentukan saya datang ke rumah sakit lalu ke bagian registrasi, mengisi biodata lalu bayar, kemudian foto rontgen dan menunggu panggilan masuk ke ruang pemeriksaan. 10 menit kemudian saya dipanggil masuk ke dalam.

Dokternya masih sangat muda, kira-kira umurnya belum genap 30 tahun. Katanya sih mereka-mereka ini masih mahasiswa yang magang di rumah sakit. Sambil bercanda, dokter menanyakan beberapa hal tentang riwayat hidup saya, seperti pernah sakit, pernah opname, ada alergi, umur, asal dari mana, di Hong Kong berapa lama. Oh Iya, dokternya bisa bahasa Indonesia sedikit-sedikit lo. Ramah dan baik sekali.

"Cece, saya lihat dulu ya giginya, kalau bisa kita cabut sekarang, kalau gak bisa, mungkin ya harus sedikit operasi kecil, tapi jangan takut, gak apa-apa kok."

Saya jawab, "Tolong dokter, kalau bisa saya ingin sekarang juga dicabut."

"OK, Gak masalah. Sering bengkak ya, sakit sekali pastinya." Kata dia lagi.

"Iya, dok. Kalau bengkak bisa 1 sampai 2 minggu baru sembuh. Sampek nangis saya."
Jawab saya dengan PD, biar cepat dicabut maksudnya.

"Iya, saya tahu." jawab dokter sambil senyum.

Setelah dilihat, akhirnya dokter bilang, "OK Cece, kita bisa cabut sekarang juga."

"Horeeeeeeeeeeeeeeeeee" Dalam hati teriak kegirangan.

Setelah disuntik 3 kali di sekitar gigi yang mau dicabut pelan-pelan pipi ini terasa seperti bengkak, jarak 5 menit akhirnya peralatan gigi itu masuk ke mulut. Hanya 2 menit saja  semua sudah beres.

"Sudah cece" Kata dokter

"Haaaaa, udah dicabut ya? Kok gak terasa" Jawab saya karena memang sama sekali tidak merasakan sakit pas gigi itu sudah lepas dari dagingnya. Malah waktu disuntik itu yang sakit.

Dokternya tersenyum, lalu memberi panadol 4 butir dan kapas untuk mengganti kapas di bekas lubang gigi yang dicabut.

"Sudah beres semua, cece. Kalau ada apa-apa telpon ke sini ya. Tapi saya pikir gigimu akan baik-baik saja setelah ini."

"Terima kasih dokter." Jawab saya lalu meninggalkan ruangan itu untuk selanjutnya pulang ke rumah.
__

Saya yakin banyak orang yang takut untuk mencabut gigi padahal kalau dipikir pas waktu sakit gigi itu lebih menyakitnya dibanding pas nyabut giginya sendiri. Dua kali pengalaman mencabut gigi membuat saya menyesal. Kenapa tidak dari dulu saya cabut? Padahal kalau gigi saya pas bengkak aduuhh, sakitnya luar biasa. Berat badan saya langsung turun 3-5 kilo dalam waktu tidak kurang dari 1 Minggu, sedang untuk menaikkannya kembali butuh waktu berbulan-bulan.

Apalagi setelah tahu biaya mencabut gigi di rumah sakit hanya HK$ 45. Ke dokter gigi, yang pertama cabut bayar HK$ 1000 dan kedua dikasih tahu bayarnya HK$ 2500. Wuih, selisihnya berapa itu.

Ya, memang pengalaman mahal harganya. Salah satu alasan saya mencabut gigi juga karena saya sudah capek merasakan sakit gigi dan juga tidak ingin nanti pas hamil gigi saya kambuh (eh, belum nikah ding, kok mikir hamil duluan). Sakit gigi sungguh sangat-sangat menyiksa sekali. Saya masih ingat waktu kecil, Bapak saya sering sakit gigi. Kalau kambuh kepalanya dibentur-benturkan ke ranjang tidur karena tidak tahan dengan sakitnya. Dan kalau saya pas telpon, ditanya kabarnya gimana, saya jawab lagi sakit gigi, Bapak pasti nangis.

Berikut ini cara mencabut gigi ke rumah sakit di Hong Kong.

1.  Saat gigi sakit, periksalah ke dokter gigi terdekat. Jika dokter menyarankan untuk dicabut, tanyakan ke dokter, berapa biayanya. Dokter gigi pasti akan memberi gambaran kisaran biayanya (seperti cerita saya di atas). Mintalah surat pengantar untuk mencabut gigi ke rumah sakit. Dokter akan memberi rekomendasi di rumah sakit mana, biasanya disesuaikan dengan daerah tempat tinggal.

2.  Setelah surat didapat, cobalah menelepon rumah sakit tersebut, jika diminta datang, mintalah ijin ke majikan untuk mendatangi rumah sakit tersebut, ambil waktu pagi sekalian, usahakan sebelum jam 8 pagi sudah sampai di rumah sakit.

3.  Sampai di rumah sakit, jangan kaget kalau ternyata tidak bisa langsung dicabut dan harus antri. Perawat akan memberitahu ke kita kapan waktu yang kosong untuk kita bisa datang lagi dan melakukan pemeriksaan untuk pencabutan gigi. Pilih waktu yang sesuai dengan jadwal kita dan bisa dinego dengan majikan. Sabar menunggu karena memang yang antri banyak.

4.  Simpan surat dari rumah sakit untuk bukti pemeriksaan berikutnya, jangan sampai hilang ya. Perawat akan meminta nomer hape kita, tinggalkan juga nomer hape lain yang bisa dihubungi. Saya meninggalkan nomer telpon rumah dan nomer hape majikan saya jika hape saya tidak bisa dihubungi.

5.  Rumah sakit akan menelepon kita jika waktu yang sudah ditentukan menjelang tiba. Biasanya kurang dua hari atau tiga hari, untuk memastikan kita bisa datang ke rumah sakit. Oh iya, dokter tidak akan mencabut gigi kita saat dalam keadaan bengkak atau sakit. Jadi pastikan gigi dalam keadaan tidak sakit saat datang untuk dicabut.

Biaya HK$ 45 itu pengalaman saya tahun 2011, mungkin kalau mengalami kenaikan tidak sampai HK$ 100 (semoga). Mumpung masih di Hong Kong, manfaatkan segala fasilitas yang ada. Ribet sedikit gak papa, penting rasa sakit segera enyah dari tubuh kita.

Semoga anda tidak mengalami masalah dengan gigi. Sungguh rasanya sangat menyiksa. Tapi setelah gigi saya dicabut, rasa takut akan datangnya sakit dan pipi bengkak itu tidak ada lagi, Alhamdulillah, sudah 4 tahun saya terbebas dari gigi sakit. Oh iya, pesan dokter "harus rajin-rajin memeriksa gigi paling tidak 6 bulan sekali."
Salam Sehat


You Might Also Like

21 komentar

  1. bener mbak sakit gigi mang mmembuat kerjaan serba salah,sakitnya gak ketulungan, ini aja aq hmpir 2 bulan sakit gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuhh, kalau sudah sembuh buruan dicabut aja mbak

      Delete
    2. Aq juga sakit banget mbk ini, ingin mencabuty,tp blm tahu mana dokter gigiy, tempat saya di daerah aberdeen.

      Delete
    3. Aberdeen banyak dokter lo mbak, sekitar Pasi cam. Coba jalan-jalan ke sana. Atau langsung ke RS aja

      Delete
    4. Iya mbk ini aq udah ke dokter, udah di kasik obat, klau udah sembuh suruh datang lagi mbk, tp pengin ke rs gk bawa surat pengantar pa bisa ya mbk....

      Delete
  2. sakitnya tuh di gigi....

    aq juga pernah jenk.... pas gigi tumbuh tapi yg paling belakang, busyeet deeh bengkak kaya polopao nemplok di pipi... trs di bawa ke RS, emang murah cuma bayar registrasi doang. tpi sayangnya pas du kasih jadwal tuk rutin priksa. majikan bkng emsai lah kan udah gpp skrg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut aja mbak, lain kali bisa kambuh bengkak lagi tu gigi

      Delete
    2. Q pengen nyabut gigi belakang mbk

      Delete
  3. saya juga pernah cabut gigi yang bawah sakitnya buset :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, tapi setelahnya kan bebas gk sakit lagi

      Delete
  4. kalau ganti gigi berapa y?Ga Pede dGn.gigi kek gini

    ReplyDelete
  5. Mba saya tahu dokter gigi yang di Hong Kong untuk cabut gigi dan sakit gigi obatnya juga gratis.cukup bawa KTP HONG KONG saja,buka hari Senin dan Jumat.di sebelah kanan kantor pos KENEDY TWON,ada gedung masuk saja ke lantai 10 or tanya security(MTR KENEDY TWON Exit B)ada beberapa dokter gigi di sana,buka dari jam 8:30 AM,mengantri cuma sebentar,tidak sakit waktu cabut gigi,kalau kurang jelas alamatnya(65820092)tlp aku aku beri tahu klo sdh sampai di kantor pos KENEDY Twon

    ReplyDelete
  6. Mba q tahu dokter gigi di hk yg gratis,cukup bawa ktp,untuk cabut gigi dan sakit gigi obatnya juga gratis.Cukup bawa ktp Hk saja,buka dari jam 8:30 am,di Sebelah kanan kantor pos Kenedy Twon,ada gedung masuk ke lantai 10 or tanya security di gedung itu,dari mtr Kenedy Twon Exit B,kalau kurang jelas,sudah sampai di kantor pos call or sms aku(65820092)di sana banyak anak indonesia tanya di mana kantor pos,waktu cabut gigi tidak terasa sakit,enak kok,gratis lagi

    ReplyDelete
  7. Maaf ya mba,itu kok tidak di kasih alamat rmh sakit mana?setahuku ada kok cabut gigi gratis tanpa biaya sepeserpun.cuma bawa ktp hk saja,di " Kenedy Twon Complex Dental Clinic"gedung lantai 10,mtr kenedy twon exit B,belok ke kiri,atau sebelah kanan kantor pos kenedy twon,itu tidak perlu nunggu beberapa bln,kesana pagi langsung bisa di cabut,asal Jgn pas sakit gigi ke sana,ada 5 dokter di sana,jadi daftar langsung bisa di cabut,tidak sakit kok,buka hari Senin and Jumat(8:45 am to 1:00 pm and 2:00 pm to 5:30 pm)bagi yang mau cabut gigi gratis,klo kurang jelas alamatnya bs call q(65820092)sekedar info,soalnya q jg pernah cabut gigi disana

    ReplyDelete
  8. Ma'af mbk, saya disini masih baru trus klo mo kedokter gigi gk bisa.bhasa gimana nih

    ReplyDelete
  9. Ma'af mbk, saya disini masih baru trus klo mo kedokter gigi gk bisa.bhasa gimana nih

    ReplyDelete