Hak buruh migran hongkong

Yang Harus Dilakukan Jika Majikan Meninggal Dunia

10:21 PM




Suasana Victoria park saat Minggu
Banyak buruh migran Hong Kong yang bingung dan bertanya, apa yang harus dilakukan saat orang yang dijaga meninggal dunia sedangkan kontrak kerja baru berjalan beberapa bulan saja. Haruskah buruh migran pekerja rumah tangga break kontrak? Atau menunggu majikan yang mem-PHK (interminit) kita? Semoga tulisan ini bisa sedikit membantu kawan-kawan yang memiliki pertanyaan yang sama.

1. Jika nenek yang dijaga meninggal dunia sebelum selesai kontrak, apa yang dilakukan?

PRT bisa meminta surat finish atau surat keterangan majikan bahwa nenek atau kakek (misalnya) yang dijaga meninggal. Jangan sampai lebih dari 3 bulan dari hari di mana nenek meninggal. PRT berhak tinggal di Hong Kong tanpa harus keluar dari Hong Kong karena batas waktunya ditentukan oleh pihak Imigrasi.

2. Jika nenek atau orang yang dijaga meninggal dunia sebelum potongan gaji selesai, apa yang dilakukan PRT?

BMI tetap bisa dipekerjakan di rumah majikan apabila yang bertanda tangan masih membutuhkan. Dan apabila tidak kembali ke jawaban nomor satu. Masalah Potongan gaji juga akan berakhir saat buruh migran keluar dari rumah majikan. Untuk mencari majikan baru, BMI tersebut sudah termasuk finish kontrak. Bagaimana urusan dengan agen dan PJTKI jika masih diharuskan membayar? Secara hukum ketenagakerjaan, jika majikan tidak memperkerjakan lagi, maka hitungannya finish kontrak dan otomatis potongan gaji BMI tersebut juga selesai.

3. Jika majikan masih membutuhkan PRT, perlu tidak majikan membuat laporan ke imigrasi?

Perlu, apabila yang menandatangani kontrak PRT tersebut adalah nenek (misalnya) yang meninggal sedangkan anaknya masih membutuhkan PRT tersebut. Tidak perlu apabila yang tanda tangan adalah majikan yang akan melanjutkan PRT nya.

4. Jika orang yang dijaga meninggal dunia, PRT kurang empat bulan finish (misalnya) dan majikan tidak membutuhkan lagi, hak apa saja yang didapat BMI? dan apakah bisa dihitung finish kontrak?

Di dalam hukum perburuhan Hong Kong, apabila nenek atau majikan yang dirawat meninggal dunia sudah bisa dinyatakan finish. Hak yang didapat PRT tersebut adalah : gaji terakhir, tiket, cuti tahunan (karena sudah lebih dari 3 bulan), uang transportasi HK$ 100, libur mingguan yang belum dibayar apabila ada.

You Might Also Like

0 komentar