Sumber Berita adalah

Pentingnya Sumber Berita Bagi Wartawan

5:15 PM



Seorang wartawan tidak akan pernah bisa menghasilkan tulisan tanpa adanya sumber berita. Sumber berita adalah tempat di mana seorang wartawan menemukan suatu peristiwa atau kejadian untuk kemudian diolah menjadi sebuah berita yang layak untuk diinformasikan ke khalayak.

Sumber berita sangat penting bagi wartawan karena tanpa sumber berita, seorang wartawan tidak akan bisa menulis berita dengan detail, akurat dan sesuai fakta. Sumber berita bisa didapat dari mana saja.

Seperti misalnya terjadi kecelakaan antara bus dan pengendara sepeda motor yang mengakibatkan bus oleng dan menabrak kendaraan lain di depannya sehingga menimbulkan korban jiwa. Wartawan bisa menggali kejadian ini dengan mewawancarai beberapa pihak yang terlibat, seperti penumpang bus yang selamat, orang-orang yang berada di sekitar tempat kejadian, atau pun korban yang bisa diajak berkomunikasi. 

Dari contoh kejadian ini, seorang wartawan bisa mengamati fakta yang terjadi yang kemudian dicatat menjadi sebuah data. Data yang diperoleh kemudian diolah menjadi sebuah informasi dan selanjutnya bisa diambil keputusan untuk melakukan sebuah tindakan.

Sebuah berita bisa berdampak luar biasa bagi khayalak luas. Seperti contoh kejadian kecelakaan tersebut. Dari kecelakaan ini bisa diketahui penyebabnya apa saja. Mungkin karena jalanan rusak sehingga pengendara sepeda motor terjatuh dan di saat bersamaan ada bus yang melaju kencang dan akhirnya oleng.



Dari berita yang ditulis wartawan ini yang kemudian dibaca oleh para pegawai di kantor pemerintahan setempat, mereka akan mengambil keputusan untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak agar tidak terjadi peristiwa yang sama di kemudian hari.

Setelah keputusan diambil, pemerintah akan segera melakukan tindakan dengan memperbaiki jalan-jalan yang rusak. Inilah pentingnya informasi yang benar-benar membawa dampak luas bagi khalayak.

Kovach dan Rosentiels berpendapat pemeriksaan atau verifikasi merupakan inti dari jurnalisme (Harsono, 2001). Proses verifikasi bersandar pada lima prinsip, yaitu
1. Jangan menambah atau mengarang apapun
2. Jangan menipu atau menyesatkan pembaca
3. Bersikaplah terbuka dan jujur tentang metode dan motivasi Anda dalam melakukan peliputan
4. Bersandarllah pada peliputan Anda sendiri
5. Bersikaplah rendah hati.


Tugas 1 Teknik Mencari dan Menulis Berita 



You Might Also Like

4 komentar

  1. Ya, jangan menipu dan menyesatkan pembaca. Sekarang banyak media online yang memberi judul apa isinya apa, biar viral mungkin yah, tapi ujung - ujungnya malah nipu pembaca :D

    ReplyDelete
  2. banyak juga media sekarang main tayang berita padahal berita belum terbukti kebenarannya. Contoh ketika kasus bom Thamrin disebutkan ada bom meledak di tempat lain. Padahal enggak :(

    ReplyDelete