2016

Cerita Tentang Pembukaan Grebeg Suro 2016

7:56 PM



Penampilan dari siswa SMP 2 Kauman, Ponorogo


Pembukaan Grebeg Suro 2016 semalam berjalan dengan lancar meski tetap ada gangguan di sana sini salah satunya hujan turun yang membuat suasana depan panggung utama sedikit terganggu karena tidak banyak penonton yang sedia payung.

Jujur saya akui kalau acara Perayaan Grebeg Suro 2016 ini jauuhh beda dari sebelumnya. Penataan suara yang jernih dan tidak banyak noice dari sekitar (biasanya kalah sama pedagang). Penataan panggung yang terlihat megah dan masih banyak kejutan lain.

Grebeg Suro kali ini juga dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur yang dikenal dengan panggilan Gus Ipul. Dalam sambutannya, Gus Ipul menyampaikan beberapa poin penting, yang paling saya ingat adalah soal KOPI.

Ini lagi gerimis padahal


“Secangkir kopi ada sejuta solusi.” Begitu kata Gus Ipul. Kemudian Gus Ipul menyampaikan bahwa saat ini warung kopi di Jawa Timur memang sangat menjamur dan itu bagus. Bayangkan kalau setiap warung kopi pendapatannya satu juta semalam, sudah berapa M uang yang berputar tiap bulan? Mau buka warung kopi? Sepertinya ini bisnis menjanjikan untuk masa depan.

Kopi tidak lagi identik dengan kaum laki-laki. Banyak cewek-cewek yang suka kopi, termasuk saya. Ngopi sambil ngobrol itu asyik, dan biasanya dari kopi itu muncul ide-ide ciamik yang datang begitu saja. Ayuk kapan kita ngopi? #Kode

Sambutan dari Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni yang mengajak semua warga untuk mencintai budaya dari Ponorogo juga menarik. Hampir di semua desa di Ponorogo saat ini memiliki grup Reyog. Dan di Jawa Timur sendiri, di Kabupaten Kota tepatnya sudah ada 100 grup reyog. Reyog bukan saja dimiliki oleh warga Ponororogo karena banyak daerah di luar Ponorogo yang memiliki grup reyog.

Itulah sebabnya reyog harus tetap kita jaga dan lestarikan bersama. Tahun ini ada 39 grup reyog dari berbagai daerah, salah satunya grup reyog dari KOREA, Singo Mudo yang akan tampil hari Kamis nanti (29 September 2016). Penasaran? Ayu datang.

Pembukaan kali ini juga dihadiri oleh Menteri Desa PTD dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo yang ternyata punya darah Ponorogo dari sang Ibu. Menteri Desa juga dikukuhkan sebagai Warog Kehormatan.

Dalam wawancara usai pesta kembang api, Menteri Desa mengungkapkapkan bahwa even Grebeg Suro 2016 yang berlangsung di Ponorogo kali

Adat budaya kita luar biasa bagusnya, tak kalah bagusnya dengan Negara lain. Pariwisata bisa dikembangkan.

“Tadi saya sudah ngomong sama Pak Bupati supaya dibuatkan di beberapa tempat di Ponorogo even-even. Jadi kalau ada orang yang datang ke Ponorogo  nggak cuma ke satu tempat. Mulai dari home stay dulu. Nggak usah hotel.” Ungkapnya.

“Melalui dana Bumdes, rumah-rumah penduduk  diperbaiki menjadi home stay. Nah nanti mulai ada turis, ada home stay, ada tempat pertunjukan yang banyak. Nanti bisa ada rumah makan, tempat penjualan souvenir, produk UKM, jadi pariwisatanya bisa berkembang. Pelan-pelan  pariwisata lokal sekitar akan berkembang juga.” Tambahnya.

Semoga usulan Menteri Desa ini benar-benar bisa dijadikan masukan Bupati Ponorogo, entah bagaimana caranya agar Ponorogo bisa merata di segala sisi dan bidang dan dari pariwisata bisa menjadi pemasukan ekonomi bagi warganya

Usulan buat panitia acara Grebeg Suro, tolong tempat sampahnya disediakan untuk pengunjung dan penonton. Tak perlu mahal, cukup kardus bekas atau seadanya, yang penting sampah-sampah bisa menampung. Mari jaga Ponorogo mulai dari hal kecil, salah satunya soal kebersihan.  

Duh, sampahnya


Harga tiket masuk Rp 5.000 saja kalian bisa menikmati suguhan dengan jelas dari panggung utama. Ayuk datang dan ramaikan. Pembukaan jadi Trending Tropic Indonesia nomer 4 loh semalam. Ayuk bantu terus agar even ini makin mendudia.

HTM Rp 5.000


Gabung dengan hastag #GrebegSuro2016 dan #PonorogoDuweGawe untuk setiap postingan kalian. Ditunggu ya.

Mejeng dulu sama Pak Bupati. Kami mengawal dan tetap mengkritisi











You Might Also Like

4 komentar

  1. Wah even tahunan yang keren seperti ini pantang dilewatkan. Semoga sukses!

    ReplyDelete
  2. sukses ya #grebegsuro2016
    sampai jumpa tahun depan, semoga lebih meriah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak2 lagi ya Kang, selalu suka dengan keramaian kota ini

      Delete