Budaya Ponorogo

Ponorogo: Grebeg Suro 2016 Suguhan Berbeda dari Tahun Sebelumnya

2:40 PM



Dua hari lagi, iya, tinggal dua hari lagi event besar setiap tahun akan kembali hadir di Ponorogo. Grebeg Suro namanya. Dulu, waktu saya masih kecil waktu satu desa yang punya sepeda motor cuma dua orang, acara suro selalu menarik buat kami. Biasanya di setiap kampung, di pertigaan atau perempatan jalan diadakan acara selamatan pas malam 1 suro, ini dilakukan sebagai wujud syukur kepada Allah atas datangnya bulan Suro

Saya pernah jalan kaki dari rumah ke Alon-alon setelah acara selamatan bersama para tetangga. Jalanan ramai oleh orang-orang pejalan kaki. Banyak juga truk atau pick up penuh berisi orang  yang ingin jalan-jalan ke Alon-alon Ponorogo.

Beda jauh dengan sekarang, hampir setiap rumah punya motor sendiri dan ini memudahkan warga untuk berkunjung kapan saja ke Alon-alon. Jaman dahulu belum ada media sosial, berita tentang Grebeg Suro hanya bisa kami nikmati lewat siaran radio. Media cetak sulit dijangkau oleh orang-orang kampung.

Ini jaman sudah berubah jauh, berkat internet dan adanya media sosial yang sangat aktif digunakan siapa saja bahkan oleh anak-anak SD. Keuntungan tersendiri bagi mereka yang jauh dari Ponorogo, internet bisa menjadi penyambung info paling cepat untuk saat ini, tinggal klik apa yang dicari maka akan segera bertemu (kecuali jodoh).

Nah, buat kamu-kamu, iya kamu, yang sedang jauh dari Ponorogo tentu kangen dong dengan acara suroan di Alon-alon. Kangen melihat acara reyog di panggung utama, kangen dengan momen kirap pusaka dari Batoro Katong yang diarak keliling melewati jalanan besar menuju kawasan Alon-alon, kangen dengan deretan pedagang yang memenuhi Alon-alon, dan segala pernak-pernik yang menghiasainya.

Perlu diketahui juga acara Grebeg Suro kali ini akan jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya? Penasaran?  Jangan kawatir, semua bisa diakses dengan mudah lewat gadget yang kalian pegang, ini khusus buat kalian yang jauh dari Ponorogo yang tidak sempat datang langsung.

Silahkan akses Youtube LIVE Ponorogo Berbenah dan nikmati setiap sudut acara Grebeg Suro lewat gadget di tanganmu.

Berikut ini jadwat yang bisa kalian SAVE.




Dan buktikan kecintaan kalian dengan menyertakan hastag #PonorogoDuweGawe dan #GrebegSuro2016 di setiap postingan di media sosial. Mari dukung acara Grebeg Suro tahun ini agar lebih meriah. Meriah di Ponorogo dan meriah di media sosial. Karena dengan begitu, Ponorogo dan budaya Reyog akan dikenal lebih luas  lagi oleh masyarakat dunia.

Buktikan cintamu untuk Ponorogo yang sedang berbenah. 

You Might Also Like

1 komentar