Bus nyaman

Ketahui Posisi Seat Terbaik di Bus Mudik Lebaran yang Nyaman

6:11 PM



sumber:rinafawisata.blogspot.com
Mudik Lebaran dengan bus di jaman sekarang itu seperti anti-mainstream. Meski mendapatkan tiket bus jauh lebih mudah, tapi angkutan paling favorit saat ini adalah pesawat terbang atau kereta api. Selain lebih cepat, kedua moda transportasi tersebut juga lebih tepat waktu bila dibandingkan bus. Tentu saja seperti itu. Tapi seiring dengan semakin majunya infrastruktur di Indonesia, kini makin banyak orang yang kembali melirik tiket bus untuk cara mudik, terutama mereka yang putus asa karena terus kehabisan tiket pesawat terbang dan kereta api. Selain itu, menggunakan angkutan bus pasti lebih aman ketimbang harus berlelah-lelah menempuh perjalanan panjang dengan sepeda motor.
Namun ternyata hukum ‘posisi menentukan prestasi’ itu nggak hanya bisa dipakai waktu di kelas. Saat naik bus, cara ini juga sebaiknya kamu aplikasikan. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menentukan tempat duduk saat memilih tiket bus yang masih tersedia.
Kursi Bagian Tengah Lebih Aman Daripada Depan atau Belakang

Mendapatkan tiket bus dengan kursi paling depan pasti menjadi kejutan buat yang doyan kebut-kebutan. Bukan rahasia bahwa bus adalah raja jalanan dan banyak pengemudi bikin manuver-manuver take over kendaraan lain yang bikin jantung penumpang berdegup kencang. Tapi ada loh, yang enjoy dengan situasi tersebut, merasa itu merupakan hal yang mengasyikkan, dan menjadikannya alasan untuk duduk di kursi yang paling dekat dengan pengemudi.
Padahal, menurut penelitian dari University of Buffalo, kursi bus paling depan sangat tidak direkomendasikan. Di Amerika Serikat, dari 60.000 kecelakaan, penumpang di barisan depan punya kans mengalami cidera lebih parah. Bodi bus dengan kaca jendela yang besar-besar nggak memiliki proteksi maksimal saat terjadi benturan. Terlempar ke depan, terkena pecahan kaca, adalah dua dari sekian banyak kemungkinan dampak kecelakaan yang bakal dialami oleh para penumpang bus di kursi depan.
Ada pula penumpang yang hanya ingin bersantai sepanjang perjalanan. Merebahkan tubuhnya sambil memejamkan mata. Berharap saat bangun nanti bus sudah tiba di tujuan. Mereka biasanya memilih tempat duduk paling belakang karena lebih senyap dan lebih minim guncangan saat bus bermanuver.
Tapi menurut blogger asal Australia, Bill Bogenschutz, dua atau tiga deret kursi paling belakang sebaiknya dihindari karena rawan mengalami kerusakan saat terjadi benturan di bagian belakang bus.
Kursi Paling Aman adalah di Tengah



Sebelum membeli tiket bus, sebaiknya ketahui dulu kursi mana yang paling aman di sepanjang perjalanan. Kamu bisa melihat mana bus yang menawarkan kenyamanan di aplikasi agen online terbesar di Indonesia, yaitu Traveloka. Pilih dan baca lebih lengkap informasi cara memesan tiket bus serta foto-foto penunjang kendaraan yang akan kamu naiki itu termasuk susunan tempat duduknya.
Banyak yang mengatakan bahwa kursi bus paling aman adalah di bagian tengah, tepatnya di bagian lorong. Duduk di dekat jendela memiliki risiko terkena pecahan kaca saat terjadi kecelakaan, atau terhimpit bodi ketika bus terguling.



Karena penumpang diberi kebebasan untuk memilih seat saat beli tiket bus, pertimbangkan untuk memilih tempat duduk di tengah. Tapi tetaplah berdoa agar perjalanan berjalan lancar dan semua penumpang sampai di tempat tujuan dengan selamat.
Memang, angkutan apa pun memiliki risiko kecelakaan. Jadi selalu ingatkan sopir bus yang ugal-ugalan agar menaati peraturan lalu lintas. Bila membandel, segera laporkan ke pihak lain, seperti perusahaan otobus atau kepolisian karena keselamatan penumpang jauh lebih penting daripada harga selembar tiket bus.



You Might Also Like

0 komentar